NewsLoker.Com

Lowongan Kerja BUMN, CPNS dan Swasta untuk Lulusan SMP, SMA/SMK, D1, D3, S1, S2 Terbaru dan Terlengkap

Lowongan Kerja Penerimaan CPNS Kementrian Desa (Kemendesa)


Lowongan Kerja Penerimaan CPNS Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (KDPDTT)
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far. Dan kemudian pada tahun 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Bapak. Eko Putro Sandjojo.

Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dipimpin oleh Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Adapun tugas dan tanggung jawab kementerian ini adalah menyelenggarakan urusan di bidang pembangunan daerah tertinggal dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Desa telah membuat Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal mengenai Pendampingan Desa, serta Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal terkait Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2015.

Tiga Fase Kementerian Desa

Fase 1: Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia baru dibentuk pada Kabinet Gotong Royong dalam masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.
Fase 2 : Masa pemerintahan Presiden SBY, kementerian ini berganti nama menjadi Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal.
Fase 3 : Pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja, kementerian ini kembali berganti nama menjadi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Nama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi merupakan nomeklatur resmi dari kementerian ini. Singkatan umum yang sering dipakai adalah KDPDTT atau Kemendesa.
KDPDTT memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan desa dan kawasan pedesaan, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigasi untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Berdasarkan  pada Permendes No. 6 Tahun 2015, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyelenggarakan fungsi :

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan di bidang pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, pengembangan daerah, pembangunan daerah tertinggal, pembangunan permukiman, dan pengembangan kawasan transmigrasi.
  2. Mengatur pelaksanaan tugas, membina, dan memberi dukungan administrasi kepada semua pihak di lingkungan KDPDTT.
  3. Pengelolaan barang milik negara.
  4. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
  5. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
  6. Menjalankan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, serta pengelolaan informasi di bidang pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pembangunan daerah tertinggal, pengembangan daerah, serta transmigrasi.
  7. Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.




Ingin Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Terupdate?

Masukkan Email Anda