NewsLoker.Com

Lowongan Kerja BUMN, CPNS dan Swasta untuk Lulusan SMP, SMA/SMK, D1, D3, S1, S2 Terbaru dan Terlengkap

Lowongan Kerja BUMN PT Pegadaian

 
Berdiri pada jaman penjajahan Belanda, Pegadaian dulunya bernama Bank Van Leening. Bank ini memberikan kredit dengan sistem berbentuk gadai. Pertama kali didirikan tanggal 20 Agustus 1746 di Batavia. Bank Van Leening sempat dibubarkan ketika kekuasaan Belanda di Indonesia direbut oleh Inggris tahun 1811. Masyarakat lalu diberi izin terbuka untuk mendirikan usaha Pegadaian dengan izin lisensi dari pemerintah setempat. Izin lisensi ini disebut dengan liecentie stelsel dan kembali menimbulkan dampak buruk bagi rakyat. Pemegang lisensi banyak melakukan praktek rentenir yang memberatkan masyarakat, dan juga dipandang kurang menguntungkan bagi pemerintah yang berkuasa pada saat itu. Akhirnya metode pacth stelsel dibuat, yang berarti Pegadaian diberikan kepada pihak umum yang bisa membayar pajak tinggi kepada pemerintah berkuasa.

Metode pacth stelsel tetap dipertahankan pada saat Belanda berkuasa, dan ternyata menimbulkan dampak yang sama, dengan pemegang izin lisensi banyak melakukan praktik penyelewengan dalam usaha menjalankan bisnis. Cultuur stelsel sebagai metode baru dibuat oleh Pemerintah Hindia Belanda yang artinya seluruh operasional kegiatan dikendalikan oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih besar terhadap masyarakat.

Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad (Stbl) No. 131 tanggal 12 Maret 1901 yang berisi tentang aturan bahwa usaha Pegadaian merupakan monopoli Pemerintah dan tanggal 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi (Jawa Barat). Gedung Kantor Pusat Jawatan Pegadaian pada masa itu berada di Jalan Kramat Raya 162. Lalu Kantor Pusat Jawatan Pegadaian dipindahkan ke Jalan Kramat Raya 132 karena dijadikan sebagai tempat tawanan perang pada era pendudukan tentara Jepang.
Kantor Jawatan Pegadaian sempat pindah ke Karang Anyar (Kebumen) karena adanya situasi perang yang terus memanas pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia. Kantor Jawatan Pegadaian terpaksa dipindah lagi ke Magelang karena adanya Agresi militer Belanda yang kedua. Pada era pasca perang kemerdekaan, Kantor Jawatan Pegadaian sepenuhnya dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah dipindahkan ke pusat di Jakarta sampai sekarang.

Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, diantaranya sebagai Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, lalu berdasarkan PP.No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN), berdasarkan PP.No.10/1990 (yang diperbaharui dengan PP.No.103/2000) menjadi Perusahaan Umum (PERUM). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 51 tahun 2011 tanggal 13 Desember 2011, Pegadaian sah memiliki bentuk badan hukum berupa Perusahaan Perseroan (Persero).

VISI
solusi bisnis terpadu berbasis gadai yang menjadi market leader dan mikro berbasis fidusia untuk menjadi yang terbaik bagi masyarakat menengah kebawah.

MISI
  • Memberikan pembiayaan tercepat, termudah, aman dan selalu memberikan pembinaan terhadap usaha golongan menengah kebawah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
  • Memastikan pemerataan pelayanan dan infrastruktur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan pada seluruh cabang Pegadaian dalam mempersiapkan diri menjadi pemain regional dan tetap menjadi pilihan utama masyarakat.
  • Membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan.

Budaya perusahaan

INTAN
•    Inovatif
•    Nilai moral tinggi
•    Terampil
•    Adi layanan
•    Nuansa citra

Alamat
Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero)
Jl.Kramat Raya 162
Jakarta Pusat 10430
Indonesia
Telp. 021 315 5550 - Fax. 021 391 4221
Layanan Pelanggan: 021-8581 162 atau 021-80635 162




Ingin Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Terupdate?

Masukkan Email Anda