NewsLoker.Com

Lowongan Kerja BUMN, CPNS dan Swasta untuk Lulusan SMP, SMA/SMK, D1, D3, S1, S2 Terbaru dan Terlengkap

Lowongan Kerja BUMN PT Jasa Marga


Lowongan Kerja BUMN PT Jasa Marga
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 04 tahun 1978, Pemerintah mendirikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada tanggal 01 Maret 1978. Awalnya, perseroan berperan bukan hanya sebagai operator tetapi memikul tanggung jawab sebagai otoritas jalan tol Indonesia. Sampai pada tahun 1987 Jasa Marga merupakan satu-satunya penyelenggara jalan tol di Indonesia yang pengembangannya dibiayai oleh pemerintah. Dana tersebut berasal dari pinjaman luar negeri serta penerbitan obligasi Jasa Marga dansebagai jalan tol pertama yang dioperasikan oleh Perseroan. Jalan Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor, dan Ciawi) adalah tonggak sejarah untuk perkembangan industri jalan tol di Indonesia yang mulai dioperasikan sejak tahun 1978. 

Akhir tahun 80-an, Pemerintah Indonesia mulai mengikutsertakan pihak swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan jalan tol dengan mekanisme Build, Operate, and Transfer (BOT. Kemudian pada dasawarsa 90-an, Perseroan lebih berperan sebagai lembaga otoritas yang menfasilitasi investor-investor swasta yang sebagian besar gagal mewujudkan proyeknya. Jalan tol yang diambil alih Perseroan beberapa diantaranya adalah JORR dan Cipularang.

Undang-Undang No. 13 tahun 1980 digantikan dengan Undang Undang No. 38 tahun 2004 tentang jalan serta terbitnya Peraturan Pemerintah No. 15 yang mengatur lebih spesifik tentang jalan tol, terjadi perubahan mekanisme bisnis jalan tol, diantaranya adalah dibentuknya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebagai regulator industri jalan tol di Indonesia, juga penetapan tarif tol oleh Menteri Pekerjaan Umum dengan penyesuaian setiap periode dua tahun. Melalui hal tersebut, peran otorisator dikembalikan dari Perseroan kepada Pemerintah. Konsekuensinya, Perseroan menjalankan fungsi sepenuhnya sebagai sebuah perusahaan pengembang dan operator jalan tol yang akan mendapatkan ijin penyelenggara tol dari Pemerintah. Oleh karena itu, tugas utamanya adalah merencanakan, membangun, mengoperasikan, dab memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya supaya jalan tol dapat berfungsi sebagai jalanbebas hambatan yang memberikan manfaat lebih daripada jalan umum bukan tol. 

Visi
Menjadi Perusahaan Jalan Tol Nasional Terbesar, Berkesinambungan, dan Terpercaya.

Misi
  • Memaksimalkan Pengembangan Kawasan untuk Meningkatkan Kemajuan Masyarakat dan Keuntungan Perusahaaan.
  • Menjalankan Usaha Jalan Tol di seluruh rantai nilai secara profesional dan berkesinambungan.
  • Memimpin pembangunan Jalan Tol di Indonesia untuk meningkatkan konektivitas Nasional.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan pelayanan prima.

Tata nilai yang dianut Jasa Marga merupakan nilai-nilai yang telah ada dalam setiap Insan Jasa Marga. Tata nilai yang dimaksud merupakan perwujudann dari sikap dan perilaku seluruh karyawan Jasa Marga yang dilaksanakan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan yang baik dan benar yaitu, pertama, jujur. Jasa Marga dalam menjalankan usahanya selalu Jujur, transparan, adil, dan bebsa dari benturan kepentingan. Kedua, sigap. Jasa Marga sigap melayani pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya dengna bertindak peduli dan proaktif juga mengedepankan kehati-hatian. Ketiga, mumpuni. Jasa Marga mumpuni dalam bekerja atas dasar kompetensi, inovatif, dan konsisten. Keempat, respek. Jasa Marga respek terhadap pemangku kepentingan dalam bersinergi mencapai prestasi.

Bidang usaha Jasa Marga adalah membangun dan menyediakan jasa pelayanan jalan tol. Aktifitas usaha yang dilakukan sebagai berikut:

  1. Melakukan investasi dengan membangun jalan tol baru.
  2. Mengoperasikan dan memelihara jalan tol.
  3. Mengembangkan usaha yang lainnya, seperti tempat istirahat, iklan, jaringan serat optik dan sebagainya, untuk meningkatkan pelayanan kepada pemakai.
  4. Mengembangkan usaha lain dalam koridor jalan tol.

Selain itu Jasa Marga mempunyai usaha Non Tol yang mana bertujuan mengoptimalkan aset, Perseroan melakukan pengembangan usaha non tol yang mendukung pengembangan dan pengoperasian jalan tol melalui pengembangan bisnis pada koridor jalan tol atau pengembangan bisnis yang memanfaatkan kompetensi Perseroan. Adapun bidang pengembangan usaha non tol yang dilaksanakan Perseroan adalah sebagai berikut :

  • Pengembangan properti pada koridor jalan tol, antara lain pengembangan area Properti dan Tempat Istirahan dan Pelayanan (TIP)/Rest Area.
  • Pengembangan jasa dengan memanfaatkan aset perseroan, diantaraanya penyewaan lahan untuk iklan dan utilitas serta jasa pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol.
Saat ini Perseroan telah mempunyai tiga Anak Perusahaan yang bergerak dibidang Non Tol, yaitu :
  •  PT Jasa Layanan Pemeliharaan (JLP) yaitu, bidang usaha pemeliharaan jalan dan jembatan tol (kepemilikan saham sebesar 99%)
  • PT Jasamarga Properti (JMP) yaitu, bidang usaha pengembangan bisnis properti (kepemilikan saham sebesar 99%)
  • PT Jasa Layanan Operasi (JLO)yaitu, bidang usaha pengoperasian jalan tol (kepemilikan saham sebesar 99%)

Alamat Kantor Pusat

Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta, 13550 Indonesia
Telp. : +6221 841 3630, +6221 841 3526
Fax. : +6221 841 3540




Ingin Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Terupdate?

Masukkan Email Anda